Menjelajah Kalimantan, Tetesan Surga nan Eksotis

via. beritagar.id
Indonesia sedang mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber devisa negara yang besar. Banyak daerah-daerah di Indonesia yang mulai membangun daerahnya menjadi tujuan wisata yang menarik, salah satunya adalah Pulau Kalimantan. Tidaklah sulit untuk mengunjungi Kalimantan. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan rute ke Kalimantan. Berwisata di Kalimantan pun juga semakin mudah dengan Pesawat Kalstar yang menghubungkan banyak kota di Pulau ini.

Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia, yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan hutan hujan tropis. Karena itulah, pulau ini dicanangkan sebagai salah satu paru-paru dunia. Tapi, tahukah kamu, jika Kalimantan ternyata juga menyimpan banyak potensi wisata berkelas internasional. Sebut saja Pulau Derawan yang menjadi unggulan wisata Pulau ini. Namun tidak hanya itu, masih banyak tempat-tempat eksotis lainnya di Kalimantan yang akan membuat liburanmu semakin asikkk. Apa saja? yuk simak!

Tugu Khatulistiwa

via. infobudayaindonesia.com
Seperti yang kamu tahu, kota Pontianak dilalui garis equator yang biasa kita sebut dengan garis khatulistiwa. Karena itu, di kota ini lalu dibangun Tugu Khatulistiwa pada tahun 1928 sebagai penandanya. Selama berdirinya, tugu ini mengalami beberapa kali penyempurnaan. Jika kamu ingin melihat tugu yang mengandung nilai seni dan sejarah ini, kamu bisa menggunakan pesawat Kalstar dan langsung mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak.

Taman Nasional Tanjung Puting

via. poral.eu

Taman Nasional ini terletak di Kalimantan Tengah yang merupakan kawasan konservasi satwa Orangutan. Banyak Orangutan diselamatkan di kawasan ini karena terancam akibat pembabatan hutan. Kamu bisa memasuki hutan bersama para ranger untuk menjumpai Orangutan di habitat aslinya dan memberi mereka makan. Tidak hanya pusat rehabilitasi, taman nasional ini juga merupakan pusat penelitian yang berkaitan dengan Orangutan dan ekosistem di kawasan ini yang meliputi hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan pantai dan hutan tropika dataran rendah.

Danau Sentarum

via. enjoydanausentarum.com

Danau ajaib ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kenapa disebut ajaib, karena danau ini hanya muncul saat musim hujan. Jadi, kamu perlu menjadwalkan waktu yang tepat jika ingin melihat danau ini. Tapi jika kamu berkunjung saat musim kemarau, tak perlu kuatir kamu tetap bisa menikmati pemandangan hutan dan padang dengan sedikit air yang terlihat seperti kubangan. Danau ini terletak di antara pegunungan dan merupakan sumber air bagi aliran sungai Kapuas.

 Bukit Bangkirai

via. gulalives.co

Di kabupaten Kutai Kertanegara masih banyak ditemui hutan hujan tropis dengan kontur alamnya yang menarik. Di kabupaten ini terdapat kawasan ekowisata bernama bukit Bangkirai yang namanya berasal dari nama pohon besar Bangkirai yang  berumur lebih dari 150 tahun. Terdapat jembatan panjang yang menghubungkan pohon-pohon Bangkirai ini. Karena terletak pada ketinggian, tempat ini bisa menguji adrenalinmu saat meniti jembatan yang bernama Jembatan Tajuk sambil menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang masih alami. Kamu bisa memilih jalur udara untuk menuju tempat ini. Dengan pesawat Kalstar kamu akan terbang menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, dan melanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih sekitar 1 jam.


Pulau Beras Basah

Kota Bontang yang terkenal sebagai kota industri ternyata menyimpan pesona wisata yang indah. Di daerah lepas pantai di kota ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Beras Basah yang mempunyai pasir putih pada pantainya. Jangan tanya keindahannya, kamu akan terkesima dengan panorama senja di pulau ini. Dari Pelabuhan Tanjung Laut, pulau ini bisa dicapai dengan berkendara dengan kapal selama 45 menit. Jika kamu ingin menginap, persiapkan perbekalan dan tenda, karena disini belum tersedia tempat penginapan ataupun tempat makan. 

Gimana, masih ragu buat mengunjungi Kalimantan nan eksotis ini? yuk atur jadwal liburanmu dan pilih penerbangan kalian bersama Kalstar dan rasakan pengalamanmu menikmati alam Kalimantan.

Keep Explore Boskuuu...

No comments

Powered by Blogger.