Jelajah Energi di Edu Trip Bareng Pertamina dan CJA Vol. 1

Edu Trip Bareng Citizen Journalist Academy di Pertamina Balikpapan.
Jam menunjukkan pukul 08.10 dan artinya 20 menit lagi bakal terlambat buat ke TBBM Pertamina RU V Balikpapan. Mau ndak mau harus membagi waktu 5 menit buat mandi dan 10 menit buat otw.

Dan akhirnya…. Sampai di tujuan walau agak telat. Tapi ternyata, keterlambatan saya gak berbuah petaka karena masih sedang menunggu koordinator dari Pertamina yang ternyata udah siap di tempat lain. Artinya rombongan kami (CJA) salah tempat buat Muster Point.

Setiba di kantor yang sebenarnya tempat yang dituju, beberapa oil engineer memberikan sedikit edukasi tentang TBBM dan Depot LPG yang merupakan tempat yang bakal kami singgahi di Pertamina Balikpapan ini. Beberapa pembahasan tentang produk Pertamina juga di bahas seperti Bright Gas.

Tak lama setelah pemberian materi edukasi, saya dan rombongan bersiap-siap menggunakan APD/PPE sebelum mengunjungi lokasi unit operasi TBBM dan Depot LPG. Mulai dari Safety Helmet, Rompi Visitor, hingga Sepatu Safety guna memberikan keselamatan bagi kami ketika berada di lokasi beresiko tersebut.

Handphone juga disimpan di kantor namun kamera tetap boleh dibawa asal tidak menggunakan flash kamera. Penggunaan flash kamera dapat memicu terjadinya percikan api.

Penggunaan Kamera Diperbolehkan Asal Tak Menggunakan Flash.
Unit Operasi TBBM Pertamina Balikpapan
Salah satu fasilitas pompa di TBBM Balikpapan. 

TBBM Balikpapan sendiri merupakan Terminal BBM yang akan mengisi BBM ke mobil-mobil tangki yang mana akan didistribusikan ke berbagai lembaga penyaluran seperti SPBU dan sejenisnya.

Edukasi di Unit Operasi Bersama Oil Engineer
Oil Engineer memberikan edukasi langsung di lokasi unit operasi Depot LPG. Kawan-kawan CJA juga menyimak setiap informasi yang diberikan, karena akan menjadi tugas teman-teman CJA untuk membuat artikel di liputan 6.



Lokasi di Depot LPG
Depot LPG di Pertamina Balikpapan ini berdiri sejak 1993, merupakan tempat penimbunan dan pengisian gas LPG yang akan didistribusikan nantinya ke berbagai daerah di Kalimantan Timur maupun Utara.

Citizen Journalist Academy Balikpapan - Tim Penulis, Videogrepe dan Public Relation
Dengan kunjungan CJA Balikpapan ke Pertamina Balikpapan merupakan kesempatan buat mengenal dan menceritakan tentang Pertamina ke masyarakat luas khususnya generasi Millenial melalui karya tulisan maupun video.

Selain itu juga mengajak masyarakat untuk peduli akan pentingnya hemat energi dari sekarang dan dari diri sendiri untuk kehidupan hari ini dan yang akan datang.

Tonton keseruan kami di video ini ... check it out !!!



#EnergiMudaBalikpapan
#EnergiMudaPertamina

2 comments:

Powered by Blogger.