Mengintip Lembanna, Desa di Kaki Gunung Bawakaraeng

Desa Lembanna, Malino, Sulawesi Selatan.
Masih belum banyak yang mengenal Lembanna. Sebuah desa yang sejuk, tenang dan damai. Desa yang berada di Kec. Malino, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan ini berada tepat di kaki Gunung Bawakaraeng. Sebuah gunung yang terkenal dengan cerita mistisnya. Namun, kehadiran saya tentunya bukan buat mendaki gunung ataupun memburu cerita mistis tersebut loh bosku. Melainkan hanyalah mengintip sedikit kehidupan masyarakat di Desa Lembanna. Lembanna juga merupakan lokasi start point para pendaki Gunung Bawakaraeng.

Tugu Pendakian Gunung Bawakaraeng di Lembanna.
Perjalanan menuju desa lembanna memang agak menyulitkan saya dan teman-teman, yang kebetulan menggunakan kendaraan mobil untuk menyapa desa yang sebagian besar masyarakatnya bercocok tanam. Jalanan yang sempit, berlika liku, tanjakan dan turunan menjadi makanan saya dan teman-teman di sepanjang perjalanan. Namun di sepanjang jalan tersebut, masyarakat menyambut kami dengan senyuman yang begitu ramah yang juga kebetulan sedang melakukan gotong royong membersihkan jalanan.

Halo selamat datang mas...


Setelah melewati jalanan tersebut sekitar 15 menit-an dari jalan poros Malino-Makassar. Giliran hamparan perkebunan dan hutan pinus menyambut kedatangan kami. Tampak beberapa petani sedang mengumpulkan hasil panen mereka.




Disini ada tomat, daun bawang dan sayur-mayur lainnya. Hasil perkebunan di Desa Lembanna ini nantinya akan di kirim ke Pulau Kalimantan sebagai pasokan pangan. Wah ternyata, disini nih asal sayuran yang kita (*anakkalimantan) makan loh bosku

Sekolahan di tengah hamparan kebun dan pohon pinus.

Perkebunan sepanjang kiri kanan jalan
Masjid di Desa Lembanna
Tak hanya perkebunan. Pemandangan hutan pinus di Lembanna juga berdiri dengan tinggi, kokoh serta berjajar sangat indah banget dehh. Tampak beberapa pendaki juga sedang melakukan kegiatan camp di kawasan hutan pinus ini. Wah jadi pengen camping juga, tapi waktunya gak sempat.

Ambil posisi dulu ah. Cekrekkkkkk

Pinusnya dempet-dempetan nih...
Nyari bunga desa dulu ah
Jadi pengen ikutan camp
Jadi gimana bosku? Sayang banget kan kalo trip ke Malino gak mampir ke Desa Lembanna yang benar-benar sejuk loh. Tapi sayang banget kali ini cuma bisa sebentar doang di desa ini. Padahal di desa ini juga ada air terjunnya loh. Jadi nunggu apalagi? angkat sudah kopermu dan jelajahi Desa Lembanna.

Keep Explore Bosku...

4 comments:

  1. weh seru ini kayaknya lokasinya, wajib coba ini hehe

    kebetulan suka ngetrip :D

    visit balik ya kak : http://bit.ly/2uvCgMc

    ReplyDelete
  2. Waduh, sayang jaraknya jauh dari domisili saia..
    Tapi semoga suatu saat bisa main ke sana..

    Salam ngeblog dari Menggapaiangkasa.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.