Lakukan Dengan Hati yang Ikhlas, 4 Tips Hemat Energi


Mematikan Peralatan Elektronik yang Tak Terpakai Merupakan Salah Satu Bentuk Konservasi Energi. (foto: dok. pribadi)

Perlahan-lahan dari waktu ke waktu, bahan bakar fosil akan habis pada masanya. Kita hanya tinggal menunggu waktunya saja. Namun, apakah dengan begitu kita bisa menyelesaikan masalah ini? Terus bagaimana nasib anak dan cucu kita kelak. Kasian kan, anak dan cucu kita tidak bisa belajar lagi di dalam rumah karena gak ada penerangan yang cukup bahkan mereka gak bisa lagi merasakan manfaat energi ini.

Seperti kalian ketahui pada cerita saya sebelumnya, bahwa energi fosil merupakan energi tak terbarukan. Jadi, penggunaan energi berbahan bakar fosil ini bener-bener harus kita kendalikan dari sekarang dimulai dari diri sendiri hingga mengajak keluarga, kerabat serta tetangga sekitar. Kita sering sekali mendengar berita tentang kelangkaan BBM bahkan LPG di berbagai daerah. Dan itu semua tentunya ada faktor penyebab. Salah satunya adalah karena ketersediaan energi berbahan bakar fosil yang sudah mulai menipis.

Di era zaman sekarang yg udah canggih banget, kebutuhan energi semakin tinggi loh bosku. Bayangkan aja sekarang, setiap orang pasti memiliki peralatan elektronik yang tentunya membutuhkan energi listrik dalam penggunaannya. Selain itu, penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar fosil pun juga sangat sulit ditekan.

Sebenarnya, kasus di atas bisa banget loh kita kendalikan dan kita atasi. Salah satunya adalah beralih ke energi alternatif yakni sumber energi terbarukan, namun pastinya tidak instan dan butuh proses yang agak panjang untuk memanfaatkan sumber energi tersebut. Nah, sambil butuh proses itulah Indonesia sudah mengeluarkan berbagai program buat mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap melakukan Konservasi Energi atau biasa disebut dengan hemat energi.

Hemat energi bukan berarti pelit-pelit energi loh ya bosku hahaha. Tapi adalah tindakan mengurangi jumlah pemakaian energi. Tindakan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan energi secara efisien. Misalkan nih, melepas charger handphone yang sedang tidak terpakai.

Pada hari kedua #15HariCeritaEnergi kali ini, saya bakal memberikan 4 tips konservasi energi versi rizaladventurous bagi kalian semua bosku. Yuk simak bosku:

1. Penggunaan Lampu Hemat Energi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan penerangan dalam beraktivitas. Ya gak, masa iya kita masak, baca buku dalam kondisi gelap-gelapan hehehe. Tentunya untuk mendapatkan penerangan tersebut kita membutuhkan adanya lampu. Nah, di era sekarang ini kita sudah bisa mendapatkan lampu LED yang dijual di pasaran. Penggunaan lampu LED ini hemat energi loh. Dengan lampu tersebut, pemakaian daya listrik akan lebih sedikit ketimbang kita masih menggunakan lampu biasa. Walau harganya lebih mahal ketimbang lampu biasa, namun jika dihitung secara jangka panjang justru lebih menguntungkan dan bermanfaat dari lampu biasa.

2. Matikan Listrik yang tidak terpakai

Kita seringkali keluar rumah lupa mematikan peralatan elektronik yang masih tersambung dengan arus listrik, seperti charger handphone, laptop maupun penggunaan televisi. Bahkan, kita pun pernah lupa mematikan lampu kamar. Hal sepele tersebut sebenarnya merupakan pemborosan loh. Walau charger ataupun peralatan elektronik yang tidak dipakai masih dalam keadaan tersambung listrik, namun listrik tersebut masih akan mengeluarkan arus. Untuk itu, yuk kita matikan peralatan listrik yang tak terpakai. Karena, selain boros energi juga bisa beresiko kepada hal-hal yang lain.

3. Desain Rumah Hemat Energi

Nah, bagi kalian yang sedang merencanakan membangun rumah yuk desain rumah kalian yang hemat energi. Rumah yang hemat energi disini maksudnya adalah rumah yang tidak terlalu bergantung kepada energi. Contohnya, desain rumah yang agak lebih terbuka. Sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik. Dan akhirnya, rumah pun gak terlalu bergantung dengan lampu.

Bagi kalian juga yang udah terlanjur membangun rumah, kalian tetap bisa kok membuat rumah kalian menjadi hemat energi. Salah satunya adalah pemanfaatan ventilasi dan jendela rumah. Biasakan jendela rumah untuk terbuka pada siang hari agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah, sehingga penggunaan cahaya lampu bisa diminimalisir.

Kemudian menanam pohon atau tanaman di sekitar rumah juga bisa alternatif bagi kalian agar rumah menjadi terasa lebih segar. Karena dengan itu, rumah kalian akan memberikan rasa sejuk dan kini tidak perlu lagi bergantung pada kipas angin ataupun AC.

4. Kurangin Penggunaan Peralatan Yang Menggunakan Listrik

Emang sih yah zaman sekarang udah modern banget, semua serba ada dan gak perlu lagi ngerjain sesuatu susah-susah. Namun, dengan hal itu bukanlah alasan buat bermalas-malasan. Salah satunya adalah mesin cuci, penggunaan mesin cuci memang memudahkan kita dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, tau kah bahwa mesin cuci menguras daya listrik yang lebih loh bosku. Nah, biasanya beberapa orang malas untuk mencuci dengan tangan. Bahkan, 4-5 lembar baju saja menggunakan mesin cuci.

Cobalah kalian membiasakan sedikit demi sedikit mencuci dengan cara tanpa mesin cuci. Dengan hal tersebut kalian akan lebih terbiasa dan bahkan meminimalisir penggunaan mesin cuci ini.

Itulah tips-tips hemat energi buat kalian yah bosku. Ingat, dengan hemat energi kalian memberikan kesempatan kepada anak dan cucu kita untuk bisa merasakan manfaat adanya energi ini. Tak cuma energi saja yang terkendali tapi juga uang kalian di dompet pun akan terkendali hehehe. Gimana, kebayangkan untungnya.

Ok itu dulu cerita saya tentang tips hemat energi bosku, lakukan penghematan energi ini dengan hati yang ikhlas yah hahaha dan lakukan secara terus menerus mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Sehingga program ini bukan lagi menjadi paksaan tapi kebiasaan.

Salam Energi Bosku.

Untuk berita mengenai Indonesia di sektor energi cuss langsung ke www.esdm.go.id.

4 comments:

  1. bermanfaat sekali tipsnya gan, di rumah saya kadang suka boros

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk jujur yah. Nah langsung terapin aja deh tipsnya bosku

      Delete
  2. Saya cukup hemat sih, hehehe.
    Masak nasi, masak air nggak pake listrik, no AC di rumah. No TV juga.
    Nah, setelah ditulis begini antara hemat dan kere jadi beda tipis aja ya :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.