Kenal Lebih Dekat Sumber Energi Terbarukan


Listrik merupakan salah satu energi yang vital dalam kehidupan sehari-hari. (foto: dok. pribadi)

Energi tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Mulai dari peralatan rumah tangga bahkan kendaraan pun kita pastinya menggunakan energi. Bahkan untuk bergerak saja kita membutuhkan energi. Energi tidak dapat dapat diciptakan maupun dimusnahkan, namun ia dapat berubah dari satu energi ke energi yang lain – hukum kekekalan energi.

Ngomong-ngomong tentang energi, saya bakal ajak bosku-bosku semua ini buat cerita selama 15 hari ke depan tentang Energi Terbarukan dan Konservasi Energi nih di blog saya. Tenang, gak usah tegang gitu yah bosku karena kita lebih sharing aja hehe. Nah, kepoin terus deh cerita energi saya di blog ini.

Sebelum mengenal lebih jauh ke dalam, kita kenalannya lebih dekat dulu yah tentang energi terbarukan ini. Jadi, energi terbarukan merupakan energi berkelanjutan atau yang dapat diperbaharui bosku. Artinya, energi ini tidak akan pernah habis selama bumi ini terus berputar hehe. 

Namun, selama ini tau gak kalo kita menggunakan energi apa? Yapp benar banget, energi tak terbarukan. Energi tak terbarukan ini merupakan energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang telah mengalami masa pembentukkan selama jutaan tahun yang lalu atau biasa kita sebut bahan bakar fosil. Nah, bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam ini lah yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan akan habis pada masanya jika kita terus menerus menggunakannya. Apalagi yang suka boros-boros tuh. Duh makin cepat habis aja loh nanti. 

Salah satu bahan bakar fosil ini yang biasa kita pake dalam kehidupan sehari-hari adalah bensin yang menggerakan kendaraan bermotor kita dan bahkan, listrik di rumah kita pun masih menggunakan energi fosil loh. Dan tau gak, bahwa penggunaan bahan bakar fosil ini memiliki dampak yang besar bagi bumi kita. Salah satunya adalah polusi udara yang berasal dari zat karbon monoksida pada penggunaan kendaraan bermotor, yang mana jika kita hirup dalam kadar yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan kita.

Sebenarnya, ada banyak sumber energi di alam semesta ini yang udah tersedia dari dulu. Hanya saja baru sekarang sedang dalam pengembangan. Makanya nih bosku, belajar bener-bener yah biar kedepannya kita punya banyak sumber daya manusia yang hebat-hebat buat memanfaatkan energi yang ada di alam semesta ini menjadi energi terbarukan, biar gak bergantung lagi pada bahan bakar fosil dan beralih kepada energi yang lebih kekinian hehehe.

Nah, kalian tau gak apa aja sih sumber energi tersebut? Yuk kita bahas, mereka diantaranya adalah:

1. Energi Matahari

Yap Matahari, Bintang raksasa yang sebagai pusat tata surya ini ternyata punya banyak sekali manfaat. Tapi bentar dulu jangan salah paham, maksudnya bukan mataharinya tapi panas mataharinya nya loh bosku haha. Selain buat jemur pakaian, berjemur di pantai dan memaniskan kulit hehe, ternyata panas matahari juga bisa dimanfaatkan loh sebagai sumber energi kita sehari-hari. Salah satunya adalah penggunaan panel surya. Dengan panel surya, panas matahari akan diserap dan lalu sel-sel pada panel surya akan mengubah energi panas tersebut menjadi energi listrik. Kemudian, energi listrik yang dihasilkan tersebut dapat digunakan buat memenuhi kebutuhan listrik di rumah kita. Gimana, gratis kan hehehe.

2. Panas Bumi

Kemudian panas bumi atau dikenal dengan nama Geothermal. Jadi, konsep ini adalah memanfaatkan panas yang ada di dalam Bumi. Nah, pada bagian lapisan dalam bumi ini kita memiliki sumber energi panas dari Magma. Dan Magma itulah yang digunakan sebagai energi untuk memanaskan air yang berasal dari air hujan yang telah meresap selama jutaan tahun ke dalam tanah diatas magma. Kemudian air tersebut mengalami pemanasan yang mana air tersebut nantinya akan digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik yang sebelumnya telah tersambung dengan sebuah sumur produksi dan fasilitas pengolahan. Indonesia, merupakan salah satu negara yang kaya akan potensi panas bumi ini loh bosku. Mengingat bahwa Indonesia berada pada jalur busur vulkanik.

3. Energi Angin

Angin? Seriusan?. Hehehe seriusan lah bosku. Jadi, ternyata angin ini gak cuma buat menerbangkan layang-layang loh. Tapi juga bisa sebagai sumber energi terbarukan loh bosku. Angin yang bertiup di bumi kita ini mampu memutarkan baling-baling pada kincir angin. Nah, pada baling-baling kincir angin tersebut akan terhubung dengan generator yang mana nantinya akan mengubah energi gerak itu menjadi energi listrik.

4. Energi Air

Air? gimana lagi tuh? Jadi, air juga bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan. Air disini bukan air yang ada di bak rumah kita loh hehe. Tapi air disini adalah yang memiliki arus seperti sungai ataupun air terjun. Dimana, arus air tersebutlah yang akan dimanfaatkan sebagai penggerak kincir air yang akan terhubung dengan generator. Cara kerjanya pun sama dengan energi angin.

5. Biomassa

Gimana? Tau gak hehe. Jadi, biomassa merupakan energi terbarukan yang memanfaatkan tumbuhan atau sejenis makhluk hidup yang telah mengalami proses pembusukan. Mereka adalah limbah pertanian, kotoran makhluk hidup ataupun sampah sisa makanan. Limbah-limbah tersebut dikumpulkan dan di tempatkan di sebuah tabung yang berisi bakteri. Bakteri tersebut akan menguraikan bahan-bahan limbah tadi menjadi gas metana. Dan gas metana ini lah yang akan disimpan ke dalam tabung penyimpanan gas yang akan digunakan sebagai bahan bakar seperti kompor ataupun generator untuk kebutuhan listrik.

Jadi gimana? udah kenal kan apa itu energi terbarukan dan sumbernya. Gak mesti baca buku 1000 halaman kan buat kenalan sama energi terbarukan. Jadi gimana? Tertantang gak nih buat mulai mendekati sang energi terbarukan ini hehe.

Kalau begitu, tunggu cerita baru tentang energi lagi besok yah bosku. Buat kalian juga yang punya pengetahuan tentang energi bisa kok saling sharing di kolom komentar bawah atau bisa sharing juga via sosial media saya. Salam Energi Terbarukan Bosku....

Buat kalian yang mau lebih tau tentang berita-berita terbaru seputar Indonesia di sektor energi yuk langsung kunjungi  www.esdm.go.id.

7 comments:

  1. mantap gan ... pengalaman buat kita

    ReplyDelete
  2. Dinegara maju sudah diterapin yang kaya gitu gan.. malah udah lebih canggih.. kita sbg warga indonesia cuma bisa nonton liat kecanggihan teknologi mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah, kedepan kita bakal bisa kayak mereka. Memang dalam pengembangannya butuh proses dan tidak instan hehe.

      Delete
  3. Mari kita manfaatkan energi yang tidak habis ini bro

    ReplyDelete
  4. coba saya bisa buat energi dari biomassagitu ya, mamak2 ini suka gemes sama limbah dapur yang nggak tahu mau dibuang kemana lagi, paling banter dijadiin pupuk

    ReplyDelete

Powered by Blogger.