Malam Terakhir Festival Erau di Tenggarong

Malam Terakhir Festival Rakyat Internasional di Festival Erau Adat Kutai 2017. (dok. pribadi)

Erau, festival adat budaya yang berasal dari Kutai ini merupakan festival adat yang udah sangat tua di Indonesia. Agenda rutin kali ini diadakan di akhir bulan Juli. Digelar selama 9 hari dari tgl 22-30 Juli 2017, telah berhasil membius para wisatawan baik lokal bahkan mancanegara. Erau yang berasal dari bahasa Kutai, eroh yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh dengan sukacita. Pertama kali digelar pada upacara tijak tanah dan mandi ke tepian ketika Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Setelah dewasa dan diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama (1300-1325), juga diadakan upacara Erau. Sejak itulah Erau selalu digelar setiap terjadi penggantian atau penobatan Raja-Raja Kutai Kartanegara.

Untuk tahun ini sayang banget gak bisa nyaksikan festival adat ini seutuhnya. Lantaran kesibukan dan lokasi yang lumayan jauh dari Balikpapan sekitar 3 jam-an. Namun, tentunya festival adat kutai ini gak mau dilewatin dengan begitunya saja. Menyempatkan diri diwaktu yang super sibuk, tetap bisa menikmati festival budaya yang menampilkan pertunjukan beberapa delegasi dari negara-negara di dunia.

Kebetulan datang di malam terakhir festival erau udah sangat bersyukur banget. Walau cuma bisa nyaksikan di malam itu tapi keseruan dari festival ini sangat pecah. Bergelar di beberapa tempat malam itu, namun cuma bisa nyaksikan di satu tempat yakni di Tepian Mahakam Tenggarong.

Jalanan macet dan area panggung yang disesaki oleh banyak wisatawan. Beberapa negara hadir menampilkan perform kesenian mereka masing-masing. Mereka adalah Jepang, Bulgaria, Indonesia dan China Taipe.

Jepang. (dok. pribadi)
Jepang. (dok. pribadi)
Diawali dari Jepang, dengan penampilan mereka yang sangat memukau. Pukulan drum yang sangat kompak dan sajian musik khas mereka begitu sangat indah.

Bulgaria. (dok. pribadi)
Bulgaria. (dok. pribadi)
Setelah itu penampilan dari Bulgaria. Penampilan yang sangat saya tunggu-tunggu malam ini. Tarian yang biasanya cuma bisa ditonton di film-film layar lebar dan kali ini bisa ngeliat langsung tarian khas mereka. Tarian negara dari benua biru ini benar-benar eksotis banget serta bikin pengen nari juga hehe.

video


Dengan pakaian khas mereka yang unik, keren tentunya ngebuat suasana bener-bener seperti berada di negara Bulgaria itu sendiri.

Indonesia. (dok. pribadi)

video


Kemudian penampilan dari negara kita, Indonesiaaaaaaaa. Tarian piring dari delegasi Indonesia juga tak kalah memukau. Liukan tarian yang indah yang ditampilkan oleh wanita-wanita belia yang cantik-cantik dan pintar bener-bener bikin tarian Indonesia makin okeeee kebangetannn.


Penampilan terakhir dari China Taipe. Irama musik yang khas bikin suasana bener-bener serasa di negara mereka sendiri. Tarian yang indah dengan liukan-liukan yang sangat lentur. Bahkan juga penampilan nyanyian dari seorang delegasi pria dengan pakaian khasnya dan wajah yang dilukis berwarna merah. Walaupun bahasa dari lagu tersebut bener-bener gak ngerti wkwkwk.

video


Penampilan China Taipe menutup festival budaya rakyat internasional erau malam ini. Tentunya udah bersyukur banget bisa ngikutin event ini walau gak dari awal. Semoga tahun depan bisa bertemu kembali dengan festival erau yang bikin pecahh.

So, banggalah dengan Indonesia dan daerah kita sendiri. Banyak banget festival-festival adat yang diselenggarakan tiap tahunnya. Mulai dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing festival tersebut memiliki daya tarik masing-masing dan bikin nyesel kalo gak nyaksikan...

Salam Pesona Indonesia,

6 comments:

  1. yah ternyata udah selesai festivalnya, pastinya seru festivalnya apalagi tentang tradisi, adat di indonesia pastinya rame

    ReplyDelete
  2. wih keren festifal itu, sayangnnya ga bisa liat :(

    ReplyDelete

Powered by Blogger.