Rumah Pintar Astra, Sahabat Kita

Rumah Pintar Astra dibangun di Kampung Berseri Astra, KM. 15 Karang Joang, Balikpapan. (foto: dok. pribadi)

Senyum lebar terpancar di wajah anak-anak Kampung Giri Rejo, Karang Joang Balikpapan, yang saya kunjungi beberapa pekan lalu. Wangi bebungaan menyeruak di antara anak-anak berbaju adat Dayak dengan beralaskan kaki saja, menari-nari di depan sebuah gapura bertuliskan "Kampung Berseri Astra".

Ya, jajaran anak-anak manis yang membawakan tarian khas Dayak ini tengah menunggu kedatangan Walikota Balikpapan Bpk H. M. Rizal Effendi beserta rombongan dalam rangka peresmian Rumah Pintar Astra. Anak-anak ini sungguh beruntung karena kotanya, Balikpapan, menjadi kota ke-20 yang terpilih untuk didirikan Rumah Pintar Astra dalam rangkaian Inspirasi 60 Tahun Astra yang digelar pada 19-21 Mei 2017 di Balikpapan.

Peresmian Rumah Pintar Astra oleh Bpk. H. M. Rizal Effendi (Walikota Balikpapan), Bpk. James Modouw (Staff Ahli Kementrian Pendidikan), Bpk. Gidion Hasan (Direktur PT Astra International Tbk). (foto: dok. pribadi)

Rumah Pintar Astra ini dibangun di kawasan Kampung Giri Rejo, Karang Joang, Balikpapan, yang mana merupakan kampung yang dipilih Astra untuk dibina sebagai Kampung Berseri Astra. Kampung yang berada sekitar 15 kilometer dari jarak pusat kota ini memiliki warna tersendiri. Dihuni oleh masyarakat pendatang dari berbagai daerah, yakni Jawa dan Sulawesi, membuat Karang Joang istimewa.

Bisa dibilang Karang Joang ini adalah miniaturnya Indonesia. Baik pendatang maupun masyarakat aslinya dapat hidup saling berdampingan dengan rukun. Sayangnya kerukunan ini belum membawa Karang Joang menjadi dusun yang modern, seperti dusun-dusun di sekitarnya. Selain minimnya akses transportasi, kurangnya fasilitas pendidikan juga jadi salah satu pemicu ketertinggalan Karang Joang.

Namun masyarakat kini bisa bermimpi lebih tinggi setelah hadirnya Rumah Pintar yang digagas PT Astra International Tbk. Astra menyediakan ratusan buku yang dapat masyarakat nikmati, juga deretan komputer untuk menunjang kegiatan sehari-hari para warga. Keberadaan komputer ini cukup spesial buat masyarakat. Ya, maklum karena jaraknya yang jauh ke kota membuat masyarakat setempat jarang mengakses komputer dan internet.

Selain mendirikan Rumah Pintar, Astra juga menyulap dusun atau kampung ini jadi lebih indah, lho. Dengan mengubahnya menjadi Kampung Berseri Astra, warga di sini mendapat bimbingan dan bantuan untuk mengembangkan potensinya. Salah satunya adalah pelatihan penanaman hidroponik, tanaman toga, pengembangan bibit lele hingga produksi kain majun.

Para murid-murid sekolah dasar yang menggunakan fasilitas komputer yang terdapat di Rumah Pintar Astra. (foto: dok. pribadi)

Bpk. H. M. Rizal Effendi bersama tim Astra dan murid-murid sekolah dasar di ruang baca Rumah Pintar Astra. (foto: dok. pribadi)

Komunitas 1000 guru turut hadir dalam peresmian Rumah Pintar Astra tersebut. (foto: dok. pribadi)

Murid-murid dari berbagai sekolah dasar di Balikpapan turut hadir dalam mengikuti rangkaian perlombaan acara peresmian Rumah Pintar Astra di SD Kampung Giri Rejo. (foto: dok. pribadi)

Saya berkesempatan melihat sendiri peresmian Rumah Pintar Astra di Kampung Berseri Astra (Kampung Giri Rejo). Anak-anak terlihat sangat antusias melihat bangunan yang terletak di bagian paling depan Kampung Giri Rejo itu. Selain bisa digunakan untuk belajar bersama, Ruman Pintar ini juga bisa menjadi tempat diskusi yang asik untuk mereka karena memang dibuat dengan sangat nyaman (ya, mirip-mirip working space).

Kampung Berseri Astra sendiri saat ini sudah tersebar di 20 provinsi dengan total 54 kampung dan 20 Rumah Pintar Astra yang telah tersebar di 9 provinsi di Indonesia yakni Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Semoga dengan hadirnya Rumah Pintar dan Kampung Berseri Astra ini bisa membuat teman-teman Balikpapan lebih bersemangat untuk memajukan kawasannya. Termasuk saya juga ^_^.

9 comments:

  1. Sungguh Beruntung anak-anak generasi muda kota balikpapan mendapatkan Rumah Pintar Astra, jangan pernah sia-siakan lah fasilitas tersebut, karna tidak semua generasi indonesia seberuntung kalian. nice post min :)

    ReplyDelete
  2. enak yh kampung giri rejo punya rumah pintar astra,,beruntungnya bisa merasakan aman dan damai disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener tuh mas. banyak banget manfaat yang bisa didapatkan

      Delete
  3. wah Rumah Pintar Astra pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terutama anak-anak, semoga dapat diperbanyak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Turut mencerdaskan kehidupan bangsa programnya. Amin....

      Delete
  4. Terus cerdaskan kehidupan bangsa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.