Borneo Orangutan Survival Samboja Kaltim

Gerbang BOS Samboja


Borneo Orangutan Survival Samboja adalah sebuah pusat rehabilitasi dan reintroduksi Orangutan yang berada di Samboja, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke BOS dapat melalui Kota Balikpapan dengan menempuh perjalanan kurang lebih 40 KM. BOS sendiri hanya ada dua di Indonesia tepatnya di Kalimantan yakni Samboja dan Palangkaraya. 

Disana kita tidak hanya melihat orangutan saja tapi juga ada beruang madu yang merupakan hewan maskot Kota Balikpapan. Hewan-hewan yang terancam kepunahan tersebut di latih kembali menjadi hewan liar oleh para tim-tim Borneo Orangutan Survival. 

Perjalanan pertama saya menuju ke suaka beruang madu, disana begitu banyak Beruang Madu yang di rehabilitasi, begitu sedih karena satu hewan beruang madu tampak terlihat cacat, karena ulah manusia. Memang hewan-hewam yang berada di BOS adalah hewan yang telah diganggu kehidupannya oleh manusia tak bertanggung jawab. 

Selanjutnya saya pun beralih menuju ke area Orangutan atau yang disebut Pulau Orangutan. Disana kita tidak dapat melihat banyak Orangutan. Namun saya pun merasa senang karena bisa melihatnya walaupun tidak banyak dan dalam jarak yang jauh. Disana pula tersedia sekolah Orangutan dimana para tim BOS akan melatih Orangutan untuk bisa kembali hidup menjadi liar. Perasaan yang sangat terharu dan hebat kepada tim BOS yang bekerja untuk hewan-hewan yang terancam kepunahan ini.

Ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan beruntung bagi saya karena sebenarnya BOS bukanlah tempat wisata umum. BOS Samboja ini memang bukan diperuntukkan sebagai tempat wisata melainkan tempat edukasi dsb. Namun, bagi anda yang ingin berkunjung kesini anda bisa langsung mendatangi dahulu dengan pihak BOS dijauh-jauh hari, terdapat pula fasilitas stay home atau samboja lodge bagi para pengunjung yang ingin bermalam di kawasan BOS yang masih berada di hutan alami kalimantan.



No comments

Powered by Blogger.