Jangan Salah, Penajam Juga Punya Spot Snorkeling

Pesona Pulau Gusung, Penajam Paser Utara.

Langit cerah kembali memberikan kami kesempatan untuk mengexplore Kalimantan bagian timur. Kali ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mencari spot kegiatan snorkeling yang tidak jauh dari Balikpapan ataupun Penajam. Banyak yang tidak menyangka, bahwa perairan sekitar penajam ternyata menyimpan tempat wisata yang tidak kalah indah dari tempat lain. Pulau Gusung, menjadi salah satu tempat tujuan saya untuk melakukan snorkeling. Pulau yang hanya gugusan pasir saja ini hanya akan dapat dinikmati di siang hari atau saat air laut mengalami surut. Gusung yang terletak sekitar 1 jam dengan kapal dari dermaga Pelabuhan feri penajam ini memiliki air laut yang jernih.

Jernihnya air laut Pulau Gusung, Penajam Paser Utara.

Hari semakin terik, dan sayang dikala itu saya tidak bisa menikmati dengan totalitas akibat Pulau Gusung yang tidak terlalu nampak akibat air yang hanya surut sedemikian saja. Namun, saya tetap bersyukur dapat mengexplore pualu nan indah ini. Petualangan saya tidak hanya disitu saja, kami terus mengitari perairan sambil mencari spot snorkeling. Kami berhasil mendapatkan dua titik yang indah. Kami menemukan beberapa spot dengan terumbu karang yang indah beserta bintang laut bewarna biru.

Bintang Laut Biru di spot snorkeling perairan Balikpapan.
Namun tetap sayang, ditengah kegiatan snorkeling. Kami sangat kecewa, lantaran menemukan sampah-sampah termasuk botol plastik yang entah darimana sumbernya.

Salah satu botol plastik dari sekian botol yang kami temukan di permukaaan laut.
Hari semakin sore, derasnya arus laut membuat pertualangan kami pun selesai. Inilah bukti, bahwa alam memiliki sejuta keindahan. 

Salam Pesona Pulau Gusung, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur - Indonesia.

10 comments:

  1. Mhon ijin untuk save & share pic nya ya mas buat bahan brosur & booklet dishubbudpar ppu..

    ReplyDelete
  2. Mhon ijin untuk save & share pic nya ya mas buat bahan brosur & booklet dishubbudpar ppu..

    ReplyDelete
  3. Pernah ke penajam, cuma nyebrang naik ferry, main ke pantai, trus lupa main kemana lagi ya wkkw.. udh lama banget ikutan jambore waktu sekolah dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. di zaman sekarang penajam sdh banyak loh tempat wisatanya kak hehe. Air terjun dan bahkan baru2 ini lagi hits karena ditemukan pulau gusung kak di daerah perairan penajam.

      Delete
  4. hei, berencana kesana weekend nanti. gimana caranya ya?saya cari2 tahu susah bgt buat menuju sini. kalo bisa hubungi saya di instagram deni.susanto thanks!!

    ReplyDelete
  5. Wah, baru tahu ada tempat cantik di depan mata.
    Boleh dong DM saya di ig, bagaimana cara ke sini @rosannasimanjuntak.
    Terima kasih, Rizal.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.